Minggu, 05 Januari 2014

Kemiskinan Bisa Dikurangi Bila Orang Kaya Bayar Pajaknya Benar

Jakarta -Pajak merupakan salah satu komponen yang dapat mengatasi kemiskinan di Indonesia. Semakin banyak orang yang bayar pajak di dalam negeri maka akan mengurangi kemiskinan yang sudah mencapai 28,55 juta orang atau 11,47% dari jumlah penduduk.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan setoran pajak akan masuk dalam APBN. Kemudian anggaran tersebut akan dibelanjakan untuk kebutuhan masyarakat secara luas, mulai dari belanja modal hingga belanja barang.

"Belanja (negara untuk) orang miskin dari mana duitnya kalau bukan dari pajak. Orang kaya bayar pajak yang benar makanya," ungkap Bambang di kantornya, Jakarta, Jumat (3/1/2013)

Selain itu, belanja dari APBN juga harus dikontrol dengan baik. Sehingga anggaran yang dialokasikan dapat dioptimalkan dengan baik. Agar orang miskin yang merupakan target pemerintah, dapat tersalurkan anggaran negara.

"Kuncinya semua di anggaran, di pajak. APBN itu instrumen untuk membuat kesenjangan mengecil, kemiskinan membaik. Jadi kalau APBN tidak dipakai dengan benar, alokasinya nggak benar, ya juga nggak benar," terangnya.

Ini harus menjadi komitmen bersama dalam penggunaan anggaran. Pengentasan kemiskinan adalah mempersempit kesenjangan orang kaya dan miskin adalah sasaran dari APBN.

"Kalau ada usulan program atau project APBN harus diarahkan kedua hal itu," ujar Bambang.

Tahun 2014, Bambang mengaku agak kesulitan untuk mengurangi kemiskinan. Sebab,masih ada masalah dari perekonomian global yang berdampak langsung pada domestik.

"Ya memang agak susah karena ada masalah global yang kita tidak bisa prediksi sebelumnya. Ya tapi mudah-mudahan bisa diperbaiki dibandingkan 2013," pungkasnya.

Analisis:
Menurut saya, jika wajib pajak saja yang dituntut harus benar dalam melakukan pembayaran pajak, masyarakat masih banyak yang mengalami kemiskinan. Kemiskinan tidak hanya terjadi karena wajib pajak yang tidak transparant dalam melakukan pembayaran, tetapi juga karena banyaknya koruptor yang memakan uang rakyat. Memang kemiskinan di Indonesia tidak akan pernah ada solusinya jika bukan dari diri kita sendiri yang sadar.

Sumber:

http://finance.detik.com/read/2014/01/03/193356/2458019/4/wamenkeu-kemiskinan-bisa-dikurangi-bila-orang-kaya-bayar-pajaknya-benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar